Isnin, 14 Januari 2013

Sosialisme dalam Keluarga



A.   Konsepsi Proses Sosialisasi

Proses sosialisasi adalah proses belajar individu untuk bertingkah laku sesuai dengan standar yang terdapat dalam kebudayaan masyarakatnya. Jadi, proses sosialisasi adalah juga proses akomodasi, dimana individu akan mengubah impuls-impuls sesuai dengan tuntutan lingkungan, dan mengembangkan pola-pola nilai dan tingkah laku yang baru sesuai dengan perkembangan kebudayaan masyarakatnya. 
Dalam proses sosialisasi ini individu mengadopsi kebiasaan, sikap, dan ide-ide orang lain, dan menyusunnya kembali sebagai suatu cara hidupnya atau standard hidupnya.
Dari batasan konsepsi proses sosialisasi tersebut diatas, maka dapatlah      disimpulkan:
-       Proses sosialisasi adalah proses belajar, yaitu suatu proses akomodasi dengan mana individu menahan, mengubah impuls-impuls dalam dirinya dan mengambil oper cara hidup atau kebudayaan masyarakatnya.
-        Dalam proses sosialisasi itu, individu mempelajari kebiasaan, sikap, ide-ide, pola-pola nilai dan tingkah laku, dan standard tingkah laku dalam masyarakat dimana ia hidup.
-       Semua sifat dan kecakapan yang dipelajari dalam proses sosialisasi itu disusun dan dikembangkannya sebagai suatu kesatuan sistim dalam diri pribadinya.
      
Dalam proses sosialisasi, mencakup paling kurang tiga aktivitas pokok   sebagai berikut:
1.    Aktivitas Belajar. Belajar menurut Morgan C.T adalah sebagai suatu perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku, akibat pengalaman masa lalu.  konsep belajar sebagaimana ‘belajar terdiri dari melakukan sesuatu yang baru, dan sesuatu yang baru itu dicamkan (artinya, dimasukkan kedalam fungsi ingatan) oleh individu, yang ditampilkan kembali dalam ingatan’. Belajar sebagai suatu proses ‘penemuan identitas diri’ bagi seorang anak melalui tahapan sebagai berikut: Tahap Imitasi: Imitasi adalah suatu cara atau proses belajar seorang anak dengan mengikuti atau mencontohi orang lain.  Menurut psikolog, G. Tarde bahwa unsur tunggal dari segenap kehidupan sosial ialah hubungan antar dua orang, dan antar hubungan itu selalu bersifat meniru atau mencontohi orang lain.  Dan juga imitasi ini terjadi perubahan-perubahan dalam berbagai jenis kecakapan, dan lain sebagainya. Proses imitasi tidak selalu membawa pengaruh positif bagi orang yang mencontoh atau menirunya. Akan tetapi, dapat juga berakibat negatif, apabila orang yang meniru hal-hal yang negatif dari orang lain.

2.    Tahap Sugesti:
Sugesti adalah suatu anjuran tertentu yang memberikan suatu redaksi langsung tanpa pikiran panjang pada individu yang menerima sugesti tersebut. Faktor sugesti berlangsung apabila seseosrang memberi suatu pandangan atau suatu sikap yang berasal dari dirinya yang kemudian diterima oleh pihak yang lain., dan kebanyakan faktor sugesti terjadi apabila orang yang mempunyai pandangan tersebut mempunyai kewajiban yang tinggi atau sangat disenangi oleh orang lain. Sehingga kebanyakan apa yang diberikan oleh orang tersebut akan diterima saja atau diturut oleh orang lain. Sebab dari pada ini, pihak yang menerima kebanyakan mengalami kondisi berpikir yang labil dan emosi tidak menentu yang kemudian  menyebabkan tidak lagi berpikir secara rasional.
Sugesti hampir mirip dengan imitasi. Akan tetapi tentu saja keduanya mempunyai perbedaan-perbedaan tertentu ; di mana imitasi merupakan proses belajar, di mana berbagai jenis kecakapan diubah, diperbaiki dan disempurnakan dengan meniru orang lain. Sebaliknya, sugesti melepaskan atau menggiatkan suatu reaksi yang sudah ada tetapi tersembunyi sifatnya dalam individu, berdasarkan pengalamannya masa lalu. Misalnya, orang-orang terpengaruh menggunakan sabun merek tertentu, konon dalam reklame disebut bahwa orang yang menggunakan sabun tersebut adalah orang yang tercantik di dunia. Jadi di sini, seakan-akan sebab kecantikan orang tersebut adalah sabun yang dimaksud.

3.    Tahap simpati:
Simpati adalah kecakapan untuk merasai diri seolah-olah dalam keadaan orang lain dan ikut merasakan apa yang dilakukan, dialami, atau diterima, ataupun diderita oleh orang lain. Oleh sebab itulah dalam simpati perasaan seseorang memegang peranan penting, walaupun dorongan utama pada simpati adalah keinginan untuk memahami pihak lain.  Dasar dari kecakapan ini, karena mungkin manusia mempunyai organ yang sama. Sehingga apabila ada orang yang jatuh dan merasa sakit, kita juga seakan-akan merasainya apabila timbul rasa simpati. Tahap Indentifikasi: Indentifikasi adalah merupakan hal yang lebih mendalam dari pada simpati. Kalau simpati bermaksud agar orang merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, sedangkan identifikasi tidak hanya merasakan tetapi juga sedapat mungkin dirasakan sama dengan orang yang diidentifikasikan. Jadi, identifikasi merupakan faktor-faktor imitasi, sugesti, dan simpati.
Identifikasi dapat membentuk kepribadian, dan proses ini dapat terbentuk secara tidak disadari. Seperti ungkapan dalam sosiologi, suatu prnyataan ringkas oleh Mayor Polak bahwa ‘Identifikasi memegang peranan penting dalam perkembangan kepribadia anak, karena dengan identifikasi dioper pula nilai-nilai kebudayaan yang dan sifat-sifat kepribadian  yang dimiliki oleh orang yang menjadi teladan’. Adapun identifikasi dapat terbentuk dengan sengaja meniru perilaku atau kepribadian orang lain. Dan biasanya, orang yang menjadi anutan ini adalah tokoh ideal. Seperti misalnya, seorang anak mengidentifikasikan diri dengan orang tua dengan mengoper norma-norma orang tua menjadi normanya sendiri.
·          
Dalam proses kehidupan manusia sebagai anggota masyarakat, individu tidak dapat begitu saja melakukan tindakan  yang dianggap sesuai dengan dirinya. Konsep adjustment activity seringkali disama artikan dengan adaptasi. Tindakan atau tingkah laku manusia dapat diterangkan sebagai reaksi terhadap tuntutan ataupun tekanan dari lingkungan kehidupannya. Misalnya, pada daerah dingin, manusia haruslah berpakaian yang tebal dengan maksud mengatasi tuntutan iklim, artinya menghindarkan diri dari kedinginan, dan lain sebagainya. Oleh karena manusia hidup dalam suatu masyarakat (community), maka tingkah lakunya tidak saja merupakan penyesuaian diri terhadap tuntutan-tuntutan fisik lingkunganya, melainkan juga penyesuaian diri terhadap tuntutan dan tekanan sosial orang lain. Pada waktu seseorang masih bayi, atau kanak-kanak, orang tuanya memberi tuntutan terhadapnya agar dia menerima nilai-nilai dan memiliki pola-pola tingkah laku yang baik. Di sekolah, misalnya, dia mendapatkan tuntutan dari guru dan teman-teman sekelasnya untuk bertingkah laku sebagaimana yang diterima oleh mereka. Dan setelah dia menanjak dewasa, seseorang tersebut tidak lepas dari tuntutan orang lain (baik itu suami, istri, majikan, teman-teman sekerja, tetangga, dan sebagainya) agar ia bertanggung jawab serta bertingkah laku sebagaimana yang biasa diterima oleh kelompok masyarakat tertentu, di mana ia hidup dan berada.
Proses penyesuaian diri atau adjustment ini merupakan reaksi terhadap tuntutan-tuntan terhadap dirinya seseorang. Tuntutan tersebut dapat dikategorikan menjadi dua yakni tuntutan internal dan tuntutan eksternal. Tuntutan internal adalah tuntutan yang berupa dorongan atau kebutuhan yang timbul dari dalam, baik berupa fisik, maupun sosial, misalnya : kebutuhan makan, minum, seks, penghargaan sosial, persahabatan, kecintaan, dan sebagainya.  Sedangkan kebutuhan eksternal adalah tuntutan yang berasal dari luar dari individu, baik bersifat fisik maupun sosial, misalnya : keadaan iklim, lingkungan alam, individu lain, serta masyarakat. Tuntutan-tuntutan tersebut tidak selalu serasi, kerap kali individu mengalami konflik-konflik tuntutan.  

Ada tiga pola konflik tuntutan, yang dapat terlihat sebagai berikut: Pertama, konflik antara tuntutan internal yang satu dengan tuntutan internal yang lain, misalnya : untuk mendapatkan status, atau prestige sosial seseorang haruslah bersaing atau bertentangan dengan teman-temannya sendiri, Kedua, konflik antara tuntutan eksternal yang satu dengan tuntutan eksternal yang lainnya, misalnya: seseorang anak laki-laki mendapat tuntutan dari ayahnya agar dia memiliki sifat-sifat kelelaki-lelakian dan menjadi olah ragawan, sedangkan ibunya menuntut agar ia memiliki sifat-sifat yang halus sebagai seniman, dan Ketiga, konflik antara tuntutan internal dengan tuntutan eksternal, misalnya: konflik antara dorongan seksual di satu pihak dengan tuntutan masyarakat agar dorongan itu disalurkan dalam bentuk-bentuk yang dapat diterima oleh masyarakat ( misalnya melalui ikatan perkawinan). Dari ketiga macam pola konflik tersebut diatas, pola konflik yang ketigalah yang paling banyak kita alami, yang kadang kala, jika tidak dapat terealisir, maka menimbulkan gangguan terhadap proses adjustment tersebut.

Proses penyesuaian diri ini dapat dipandang dari dua segi yaitu:
(1) kualitas atau efisiennya, dan
(2) proses berlangsungnya. 
·                 Aktivitas Pengalaman Mental. Pengalaman seseorang akan membentuk suatu sikap terentu, artinya menimbulkan suatu reaksi terhadap suatu hal, atau suatu permasalahan. Semboyan ‘experience is the best teacher’ mungkin tetap jika kita gunakan disini.  Dari pengalaman seseorang itu, sangat banyak mempengaruhi proses pembentukan kepribadian  dan perkembangan diri seorang anak.  Apabila seorang amak kecil, sewaktu dari kecil terus-menerus dibantu untuk pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya dapat dilakukannya, maka pengalaman ini akan terus melekat pada dirinya, sehingga setelah dewasapun kemungkinan besar sikap ketergantungan ini terus melekat, dan perkembangan mentalnya pun ikut tercipta, menjadi mental tempelan saja. Hal ini semakin menimbulkan kebingungan, ataupun putus asa, karena dia sendiri tidak mampu untuk menunjukkan mentalitas, identitas diri yang sebenarnya.

B.   Proses Sosialisasi Dalam Sketsa Sosiologis
Sebagaimana telah dikatakan sebelumnya, bahwa sosialisasi mungkin merupakan suatu proses yang amat penting dalam kehidupan bermasyarakat bahkan proses paling mendasar dari terbentuknya masyarakat.  Melalui proses inilah nilai-nilai, norma-norma, tatanan kehidupan dan keterampilan-keterampilan lain diajarkan kepada sang individu agar dapat hidup secara normal didalam masyarakatnya, yang diawalinya dalam suatu keluarga.
Sosialisasi dalam keluarga biasa disebut sebagai ‘primary socialization’, yaitu sosialisasi yang pertama diterima oleh seorang anak.  Proses sosialisasi dalam konsepsi parsons ini seringkali disebut ‘pasive theory of socialization’ dimana sosialisasi dilihat sebagai proses satu arah.  Orang tua menanamkan nilai-nilai dan anak menerima serta belajar sampai perilakunya berubah dan terbentuklah suatu khazanah nilai dan norma dalam kepribadian individu yang disebut sebagai ‘basic personality structure’.  Individu seolah-olah memainkan peranan yang telah diberikan kepadanya (role playing). Akan tetapi, dalam kehidupan sehari-hari teori ini kurang sesuai dengan kenyataan. Suatu peranan di masyarakat ternyata bukan hanya merupakan ‘passive acceptance’ dari seorang  individu, melainkan merupakan suatu pelibatan diri secara aktif disertai berbagai penyesuaian diri terhadap masyarakat disekelilingnya, sehingga individu mampu mengambil peran tertentu atas inisiatifnya sendiri (‘role taking’), bahkan pelibatan diri yang mampu mengubah masyarakat sekelilingnya (‘role making’).
manusia tidak hanya mampu melaksanakan peranannya, merespons orientasi nilai-nilai serta struktur sosial yang ada, tetapi juga secara aktif menciptakan perannya didalam masyarakat.  Pandangan interaksionis tersebut merupakan suatu kemajuan dalam ilmu sosiologi umumnya dalam melihat fenomena sosialisasi sehingga dinamika didalam masyarakat dapat dijelskan.  Namun lebih jauh lagi, para sosiolog yang beraliran kritis ternyata telah berhasil menambahkan suatu perspektif yang lebih jauh mengenai proses yang ‘basic’ ini.  Mereka menjelaskan bahwa peran itu sendiri sebenarnya merupakan suatu ‘structure network of  expectation’ yaitu harapan yang tidak diterima oleh individu secara konsensus (kerelaan menyatakan suatu persetujuan) tetapi ditentukan oleh struktur kekuasaan.  Oleh karena itu, proses sosialisasi bukan hanya merupakan proses yang penuh kedamaian dari orang tua kepada anaknya, tetapi, proses yang amat mengandung konflik suatu kelompok kepentingan pada kelompok lainnya.  Pembagian kekuasaan dalam masyarakat amat menentukan dan mewarnai proses ini.  Peran tidak selalu ‘pas’ dengan si pemegangnya; selalu ada jarak antara pemegang peran dan perannya (‘role distence’). Misalnya, seorang murid merasa bahwa perannya sebagai murid tidak seluruhnya sesuai dengan keinginannya, tetapi lebih banyak ditentukan oleh pihak-pihak lain yang lebih berkuasa (guru, orang tua, dan bahkan pemerintah). Jadi, apa yang disebut sebagai ‘Radical theory of socialization’ ini terutama melihat bahwa sosialisasi terjadi didalam masyarakat yang berstratifikasi. 
Kelas sosial dalam masyarakat menentukan pola sosialisasi dan prilaku serta sikap individu-individu.  Melalui proses ini kelompok yang berkuasa dengan menggunakan berbagai saluran sosialisasi yang dikuasainya seperti lembaga keluarga, sekolah, media komunikasi massa, lembaga-lembaga pemerintahan, politik, agama, dan sebagainya. 
Ada dua hal yang dapat menarik perhatian atau cara pandang kita tentang hal tersebut, terutama pandangan kelompok kritis:
Pertama, adalah bahwa proses sosialisasi bukan hanya suatu proses yang mempertahankan kelangsungan hidup yang ‘fungsional’ bagi seluruh anggota masyarakat (suatu pandangan yang merupaka koreksi terhadap Talcott Parsons).  Akan tetapi, yang Kedua, konsekuensi logis dari pandangan ini ialah dalam prises sosialisasi sistim nilai yang dimiliki oleh kelompok dominan secara ‘caercive’ selalu ditanamkan pada kelompok lemah, dan kelompok dominan selalu berusaha dengan perangkat kontrol sosial yang ada untuk menjaga agar nilai-nilai yang establish tersebut, tidaklah digoyahkan oleh kekuatan lain (bahkan Berger dan Lukman dari kelompok interaksionis pun menandaskan bahwa pada hakekatnya kehidupan sosial adalah suatu kekuatan yang senantiasa mengontrol ‘... sosial is control’), sehingga dengan demikian cenderung terbentuk semacam ‘basic personality structure’ pada individu, mirip seperti apa yang dikatakan Parsons.  Hanya letak perbedaannya adalah bahwa Parsons menganggap sosialisasi diterima secara konsensus dan fungsional bagi kelangsungan hidup masyarakat seluruhnya, sedangkan kelompok kritis mengatakan bahwa sosialisasi terutama fungsional bagi kelanjutan dominasi kelompok kelompok yang berkuasa.
Kalau menyimak alur pemikiran atau pandangan tersebut di atas, maka sosialisasi dapat disimpulkan sebagai proses untuk mempertahankan keteraturan sosial yang ada. Namun, kesimpulan ini tidaklah cukup untuk menampung kenyataan sosial yang ada terutama dalam kehidupannya manusia dalam masa kini, sebab selalu dan senantiasa mengalami perubahan sosial yang cepat dan amat mendasar.

C.   Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Sosiali-
       isasi
Dengan proses sosialisasi individu berkembang menjadi suatu pribadi sebagai mahluk sosial.  Baik sebagai pribadi maupun sebagai mahluk sosial ini merupakan kesatuan integral dari sifat-sifat individu yang berkembang melalui proses sosialisasi, sifat mana mempengaruhi hubungannya dengan orang lain dalam suatu masyarakat. Proses sosialisasi dimungkinkan bagi perkembangan manusia sebagai mahluk sosial dipengaruhi oleh berbagai faktor.
Menurut F.G. Robbins terdapat  lima faktor yang menjadi dasar perkembangan kepribadian yaitu:
1)      Sifat dasar  adalah potensi-potensi yang diwarisi oleh seseorang dari orang tuanya, ayah dan ibunya.  Sifat dasar ini terbentuk pada saat konsepsi, yaitu moment bertemunya sel-sel pria dan wanita pada saat pembuahan.  Sifat dasar ini masih merupakan potensi-potensi, selanjutnya berkembang dan teraktualisasi karena pengaruh faktor-faktor lainnya.
2)      Lingkungan prenatal adalah lingkungan dalam kandungan ibu.  Sel telur yang telah dibuahi (zygote) saat konsepsi itu berkembang sebagai  embrio dan feutus dalam lingkungan prenatal.  Dalam periode itu individu mendapatkan pengaruh-pengaruh secara tidak langsung dari si ibu, yang dapat dikategorikan sebagai berikut : misalnya gangguan penyakit pada pertumbuhan mental bayi dalam kandungan dan sebagainya, gangguan endoktrin keterbelakangan mental, cacat, lemah pikiran....
3)      Perbedaan individual adalah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi.  Sejak seseorang dilahirkan, tumbuh dan berkembang sebagai individu yang unik, berbeda dari individu-individu yang lain. Dia bersifat selektif terhadap pengaruh-pengaruh dari lingkungannya. Perbedaan ini meliputi perbedaan dalam ciri fisik (bentuk badan, warna kulit, warna mata, rambut, dan lain sebagainya), ciri-ciri fisiologis (berfungsi sebagai sistem endokrin), dan ciri-ciri mental, emosional, ciri-ciri personal dan sosial.  
4)      Lingkungan adalah kondisi-kondisi disekitar individu yang mempengaruhi proses sosialisasinya. Lingkungan ini dapat dikategorikan menjadi: (1) lingkungan alam yaitu keadaan tanah, iklim, flora dan fauna, disekitar individu, (2) kebuayaan, yaitu cara hidup masyarakat tempat individu itu hidup; kebudayaan ini mempunyai aspek material (rumah, perlengkapan hidup, hasil-hasil teknologi dan sebagainya), dan aspek non seperti (nilai-nilai, pandangan hidup, adat istiadat dan sebagainya), (3) manusia lain dan masyarakat disekitar individu; pengaruh manusia lain dan masyarakat dapat memberi stimulasi pada proses sosialisasi.
5)      Motivasi adalah kekuatan-kekuatan (dorongan-dorongan) dari dalam diri individu yang menggerakkan individu untuk berbuat.  Motivasi sebagai dorongan adalah keadaan ketidak-seimbangan dalam diri individu, karena pengaruh dari dalam atau dari luar dirinya, yang mempengaruhi dan mengarahkan perbuatan individu dalam rangka mencapai keseimbangan kembali atau adaptasi; seperti dorongan untuk makan, minum, menghindarkan diri dari ancaman bahaya, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan adalah dorongan yang telah ditentukan secara personal, sosial dan kultural.

Oleh Louis Rats kebutuhan-kebutuhan manusia yang terpenting adalah :
(1) kebutuhan untuk bersama orang lain,
(2) kebutuhan untuk berprestasi,
(3) kebutuhan akan afeksi,
(4) kebutuhan bebas dari rasa takut,
(5) kebutuhan bebas dari rasa bersalah,
(6) kebutuhan untuk turut serta mengambil keputusan mengenai persoalan-      persoalan yang menyangkut dirinya,
(7) kebutuhan akan kepastian ekonomis, dan
(8) kebutuhan akan terintegrasikannya sikap, keyakinan dan nilai-nilai.

 Adapun kebutuhan lain hanya timbul apabila kebutuhan biologis telah dapat dipuaskan.  Penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat masyarakat yang masih rendah, maka kebutuhan biologis sangat dominan, tetapi pada tingkat masyarakat yang tinggi, kebutuhan yang paling dominan ialah kebutuhan memperoleh kebanggan. Pada masyarakat menengah, kebutuhan pertama dan kedua (kebutuhan fisik dan keamanan) cenderung berkurang, tetapi kebutuhan ketiga, keempat dan kelima (kebutuhan bermasyarakat, kehormatan dan kebanggaan) cenderung bertambah

2 ulasan:

  1. Sosialisme dan sosialisasi itu penting,
    karena manusia sebagai makhluk sosial
    tidak bisa hidup sendiri - sendiri

    BalasPadam
  2. ini karya yang baik dan disukai oleh SEO.

    tetap semangat dan salam blogger

    BalasPadam